Minggu, 09 Juni 2013

RPP EKONOMI KELAS X INFLASI DAN INDEKS HARGA



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)


Sekolah                      : SMAN 4 Kendari
Mata Pelajaran          : Ekonomi
Kelas / Semester       : X 7 / 2
Alokasi Waktu           : 3 x 45 menit

Standar Kompetensi            : 5. Memahami Produk Domestik Bruto (PDB), Produk Domestik
  Regional Bruto (PDRB), Pendapatan Nasional Bruto (PNB), dan
Pendapatan Nasional (PN).

Kompetensi Dasar    : 5.4Mendeskripsikan indeks harga dan inflasi.
PERTEMUAN PERTAMA
Indikator Pencapaian Kompetensi :
1.    Mendeskripsikan pengertian inflasi
2.    Mendeskripsikan jenis-jenis inflasi
3.    Mengidentifikasi teori inflasi
4.    Mendeskripsikan sebab terjadinya inflasi

A.   Tujuan Pembelajaran
1.    Siswa dapat menjelaskan pengertian inflasi
2.    Siswa dapat menyebutkan serta menjelaskan jenis-jenis inflasi
3.    Siswa dapat memahami teori inflasi
4.    Siswa dapat menyebutkan sebab terjadinya inflasi
-          Karakter siswa yang diharapkan  : 
§   komunikatif, saling menghargai.demokratis dan disiplin
-          Kewirausahaan / Ekonomi Kreatif   : 
§   Kreatif, Analitis, Teliti, Cermat
-          Pendidikan anti korupsi
§   jujur
B.    Materi Pokok
1.    Pengertian inflasi
2.    Jenis-jenis inflasi
3.    Teori inflasi
4.    Sebab terjadinya inflasi
C.     Pendekatan
            Kooperative learning
D.    Model
Dua tinggal dua tamu (two stay two stray)

E.    Metode Pembelajaran
Diskusi kelompok, Tanya Jawab dan Penugasan




Langkah – Langkah Pembelajaran
Kegiatan Pembelajaran
Alokasi Waktu
1.    Kegiatan Awal
a)    Guru memeriksa kehadiran dan kesiapan siswa menerima pelajaran
b)    Guru menjelaskan kompetensi dasar yang harus dicapai dan Indikator Pencapaian Kompetensi.
c)    Apersepsi : Guru menanyakan materi minggu lalu tentang inflasi
d)    Motivasi : Indeks harga dan inflasi adalah salah satu Indikator Pencapaian Kompetensi perekonomian suatu negara yang senantiasa menjadi perhatian seluruh masyarakat.

15 mnt
2.    Kegiatan Inti
Eksplorasi
a)    Guru memyampaikan isi materi yang akan dicapai
b)    Guru membagikan bahan ajar tentang permasalahan yang akan didiskusikan oleh siswa.
c)    Guru meminta siswa berpasangan dan mendiskusikan masalah yang telah dibagikan melalui bahan ajar
Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
1.    Membentuk kelompok yg berjiumlah 4 orang
2.    Siswa berkerjasama dalam kelompok yg berjumlah 4 orang
3.    Setelah selesai, 2 orang dari masing-masing menjadi tamu kedua kelompok lain
4.    2 orang yg tingga;l dalam kelompok bertugas membagikan hasil kerja  dan informasi ketamu lain
5.    Kelompok mencocokan  dan membahas hasil kerja mereka

Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, Siswa:
a)    Menyimpulkan tentang hal-hal yang belum diketahui
b)    Menjelaskan tentang hal-hal yang belum diketahui.

90 Mnt
3. Kegiatan Akhir
a)    Guru dan siswa melakukan refleksi.
b)    Penilaian
·         Hasil kerja kelompok (kognitif)
·         Lembar pengamatan (afektif)
·         Lembar pengamatan (psiko motorik)
c)    Siswa mengerjakan soal-soal evaluasi

30 mnt




F.    Sumber dan Alat
1.    Sukardi. 2009. Ekonomi 1 Untuk SMA/ MA Kelas X. Pusat Perbukuan Departemen Pendidkan Nasional : Jakarta
2.    Nur Mulyani, Sri dkk. 2009. Ekonomi 1 : Untuk Sekolah Menengah Atas/Madrasah Aliyah Kelas X. Pusat Perbukuan Departemen Pendidkan Nasional : Jakarta
3.    LKS
4.    Spidol & Papan Tulis
5.    LCD

G.   Penilaian
a)    Prosedur Penilaian
1.    Penilaian Proses (Lembar Pengamatan)
2.    Penugasan/Post test
b)    Teknik Penilaian
1.    Tertulis
2.    Lisan
c)    Instrumen Penilaian
1.    Lembar Kerja Siswa






                                                                                                   Kendari,            2013
Guru Mata Pelajaran Ekonomi                                               Guru PPL



 Dra. MURNI LAKORO                                                          FIRDAUS
        NIP.  19590304 198403 2 007                                           NIM: A1A1 09 078

MENGETAHUI
a.n Kepala SMA N 4 Kendari
Wakil Kordinator Sekolah




Drs. Sahama, M.Pd
NIP 19670311 199303 1 018







           
Lembar Penilaian Kognitif

LAKS
1.    Suatu kejadian yang menunjukan kenaikan harga-harga secara umum dan terus menerus disebut.....
a.    Resesi                        d. Inflasi
b.    Krisis                          e. Deflasi
c.    Devaluasi
2.    Pemerintah sebagai penyelenggara negara harus berhati-hati dalam melakukan pengelolaan perekonomian agar tidak terjadi inflasi. Inflasi yang disebabkan karena keslahaan pengelolaan perekonomian suatu negara,  isalnya pencetakan uang baru disebut....
a.    Imported inflation                   d. Domestic inflation
b.    Demand pull inflation             e. Cost push inflation
c.    Hyper inflation
3.    Apabila tingkat inflasi di Indonesia adalah 7% maka berdasarkan tingkat keparahannya inflasi diindonesia tergolong dalam kategori
a.    Inflasi ringan                        d. Hyperinflation
b.    In flasi sedang                       e. Inflasi n ormal
c.    Inflasi berat
4.    Inflasi yang berkisar 10%-30% pertahun dan belum membahayakan kegiatan ekonomi digolongkan dalam inflasi...
a.    Sangat rendah                       d. Menengah tinggi
b.    Rendah                                  e. Tinggi
c.    Sedang
5.    Pemerintah berkerjasama dengan masyarakat untuk mengendalikan jumlah uang yang beredar dimasyarakat agar tidak terjadi inflasi. Karena peredaran uang yang berlebihan akan menyebabkan inflasi. Ini adalah teori...
a.    Kuantitas                  d. Kesempatan
b.    Keynes                      e. Struktural
c.    Porbalitas

























Lembar Penilaian Afektif (Pendidikan Karakter Bangsa dan Anti Korupsi)
NIS
NAMA SISWA
JK
Karakter Yang Diharapkan
Kerja Keras
Jujur
Saling Menghargai
Mandiri
Disiplin
JM
16044
ADRYAN PAMBAHAKO
L






16045
AINUN CAHYANTI
P






16046
ALVIN MAHENDRA SALIM
L






16047
ANGGELITHA POPO BONIVASIA DJOEMANI
P






16048
ANITA TRIANA
P






16049
AULISA AMARIA SAHIR
P






16050
BRYAN AGRYSWARA MUIS
L






16051
DENTY AYUDA
P






16052
DIMAS MANGGALA PUTRA
L






16053
DINDA ZULIA RINI ARIYANI
P






16054
HASRIF NOVA S
L






16055
HERINA LA ANTI
P






16056
HILDA SRI RUHIDA
P






16057
I.G.A.R CAHRISETIA DEWI
P






16058
IKHSAN HARMINSYAH
L






16059
INTAN MAYA PUTRI
P






16060
ISLAH AMALIA
P






16061
ISRAWATI
P






16062
MARIO JULASMAR HERIL
L






16063
MONICHA MARSELIANA ANAWAY
P






16064
MUH ALI HUSEN
L






16065
MUH HASRIAWANTO
L






16066
MUHAMMAD MUDZAKKIR SUKARDI
L






16067
MUH MAULANA ALISAPUTRA
L






16203
MUKSIN
L






16068
NUR AFNI EKA S
P






16069
NURUL HIDAYAT
P






16079
NURUL MUJAHIDAH
P






16070
OPYE TRIPANY P
P






16071
RAFLY ANUGRA PRATAMA
L






16072
RAHMAT RUSMANTO
L






16073
RANI ANGGRAINI
P






16074
RETNO PANGESTUTI ISLAMININGRUM
P






16075
RISKA AGUSTIYANTI
P






16076
RISKAYANTI JURAHMAN
P






16207
RIDHAL AGUNG MAHENDRA
L






16077
SILFANI ARFITA UTAMI ARFAH
P






16078
SISWANI INESDA BATARA
P






16080
YULISTIAN
P






16081
ZARAH SAGITA TAWULO
P






16082
ZUCI RAHMANI ZAINAL
P






Keterangan :
*      Nilai Masing – masing komponen berkisar 1 -4
*      Nilai akhir : jumlah nilai dari masing – masing komponen yang telah dikalikan dengan bobot dibagi sepuluh

Lembar Penilaian Psikomotorik (Kewirausahaan)
NIS
NAMA SISWA
JK
Aspek Yang Diamati
Kreatif
Analitis
Teliti
Cermat
Jum
16044
ADRYAN PAMBAHAKO
L





16045
AINUN CAHYANTI
P





16046
ALVIN MAHENDRA SALIM
L





16047
ANGGELITHA POPO BONIVASIA DJOEMANI
P





16048
ANITA TRIANA
P





16049
AULISA AMARIA SAHIR
P





16050
BRYAN AGRYSWARA MUIS
L





16051
DENTY AYUDA
P





16052
DIMAS MANGGALA PUTRA
L





16053
DINDA ZULIA RINI ARIYANI
P





16054
HASRIF NOVA S
L





16055
HERINA LA ANTI
P





16056
HILDA SRI RUHIDA
P





16057
I.G.A.R CAHRISETIA DEWI
P





16058
IKHSAN HARMINSYAH
L





16059
INTAN MAYA PUTRI
P





16060
ISLAH AMALIA
P





16061
ISRAWATI
P





16062
MARIO JULASMAR HERIL
L





16063
MONICHA MARSELIANA ANAWAY
P





16064
MUH ALI HUSEN
L





16065
MUH HASRIAWANTO
L





16066
MUHAMMAD MUDZAKKIR SUKARDI
L





16067
MUH MAULANA ALISAPUTRA
L





16203
MUKSIN
L





16068
NUR AFNI EKA S
P





16069
NURUL HIDAYAT
P





16079
NURUL MUJAHIDAH
P





16070
OPYE TRIPANY P
P





16071
RAFLY ANUGRA PRATAMA
L





16072
RAHMAT RUSMANTO
L





16073
RANI ANGGRAINI
P





16074
RETNO PANGESTUTI ISLAMININGRUM
P





16075
RISKA AGUSTIYANTI
P





16076
RISKAYANTI JURAHMAN
P





16207
RIDHAL AGUNG MAHENDRA
L





16077
SILFANI ARFITA UTAMI ARFAH
P





16078
SISWANI INESDA BATARA
P





16080
YULISTIAN
P





16081
ZARAH SAGITA TAWULO
P





16082
ZUCI RAHMANI ZAINAL
P





*) Nilai maksimal tiap aspek 25 ( 25 x 4 = 100 )



























1 komentar: