RENCANA PELAKSANAAN
PEMBELAJARAN
(RPP)
Sekolah : SMAN 4 Kendari
Mata Pelajaran : Ekonomi
Kelas / Semester : X 7 / 2
Alokasi Waktu : 3 x 45 menit
Standar Kompetensi : 5. Memahami Produk Domestik Bruto (PDB), Produk Domestik
Regional Bruto (PDRB), Pendapatan
Nasional Bruto (PNB), dan
Pendapatan
Nasional (PN).
Kompetensi Dasar : 5.4Mendeskripsikan indeks harga
dan inflasi.
PERTEMUAN PERTAMA
Indikator Pencapaian
Kompetensi :
1.
Mendeskripsikan
pengertian inflasi
2.
Mendeskripsikan
jenis-jenis inflasi
3.
Mengidentifikasi teori
inflasi
4.
Mendeskripsikan sebab
terjadinya inflasi
A. Tujuan Pembelajaran
1. Siswa dapat menjelaskan pengertian inflasi
2. Siswa dapat menyebutkan serta menjelaskan jenis-jenis inflasi
3. Siswa dapat memahami teori inflasi
4. Siswa dapat menyebutkan sebab terjadinya inflasi
-
Karakter siswa yang diharapkan :
§
komunikatif, saling
menghargai.demokratis dan disiplin
-
Kewirausahaan / Ekonomi Kreatif :
§
Kreatif, Analitis, Teliti, Cermat
-
Pendidikan anti korupsi
§ jujur
B.
Materi Pokok
1. Pengertian inflasi
2. Jenis-jenis inflasi
3. Teori inflasi
4. Sebab terjadinya inflasi
C. Pendekatan
Kooperative learning
D. Model
Dua tinggal dua tamu (two stay two stray)
E. Metode Pembelajaran
Diskusi kelompok, Tanya Jawab dan Penugasan
Langkah – Langkah Pembelajaran
Kegiatan Pembelajaran
|
Alokasi Waktu
|
1.
Kegiatan Awal
a)
Guru memeriksa
kehadiran dan kesiapan siswa menerima pelajaran
b)
Guru menjelaskan
kompetensi dasar yang harus dicapai dan Indikator Pencapaian Kompetensi.
c)
Apersepsi : Guru menanyakan materi minggu
lalu tentang inflasi
d)
Motivasi : Indeks harga dan inflasi adalah
salah satu Indikator Pencapaian Kompetensi perekonomian suatu negara yang
senantiasa menjadi perhatian seluruh masyarakat.
|
15 mnt
|
2.
Kegiatan Inti
Eksplorasi
a) Guru memyampaikan isi materi yang akan dicapai
b) Guru membagikan bahan ajar tentang permasalahan yang
akan didiskusikan oleh siswa.
c) Guru meminta siswa berpasangan dan mendiskusikan
masalah yang telah dibagikan melalui bahan ajar
Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
1.
Membentuk kelompok yg berjiumlah 4 orang
2.
Siswa berkerjasama dalam kelompok yg berjumlah 4 orang
3.
Setelah selesai, 2 orang dari masing-masing menjadi
tamu kedua kelompok lain
4.
2 orang yg tingga;l dalam kelompok bertugas membagikan
hasil kerja dan informasi ketamu lain
5.
Kelompok mencocokan
dan membahas hasil kerja mereka
Konfirmasi
Dalam
kegiatan konfirmasi, Siswa:
a)
Menyimpulkan tentang hal-hal
yang belum diketahui
b)
Menjelaskan tentang hal-hal
yang belum diketahui.
|
90 Mnt
|
3. Kegiatan Akhir
a) Guru dan siswa melakukan refleksi.
b)
Penilaian
·
Hasil kerja kelompok (kognitif)
·
Lembar pengamatan (afektif)
·
Lembar pengamatan (psiko motorik)
c)
Siswa mengerjakan soal-soal evaluasi
|
30 mnt
|
F. Sumber dan Alat
1.
Sukardi.
2009. Ekonomi 1 Untuk SMA/ MA Kelas X.
Pusat Perbukuan Departemen Pendidkan
Nasional : Jakarta
2.
Nur
Mulyani, Sri dkk. 2009. Ekonomi 1 : Untuk
Sekolah Menengah Atas/Madrasah Aliyah Kelas X. Pusat Perbukuan Departemen
Pendidkan Nasional : Jakarta
3.
LKS
4.
Spidol
& Papan Tulis
5.
LCD
G.
Penilaian
a) Prosedur Penilaian
1. Penilaian Proses (Lembar Pengamatan)
2. Penugasan/Post test
b) Teknik Penilaian
1. Tertulis
2. Lisan
c) Instrumen Penilaian
1. Lembar Kerja Siswa
Kendari, 2013
Guru Mata Pelajaran Ekonomi Guru
PPL
Dra. MURNI LAKORO FIRDAUS
NIP. 19590304 198403 2 007 NIM: A1A1 09 078
MENGETAHUI
a.n Kepala SMA N 4 Kendari
Wakil Kordinator Sekolah
Drs.
Sahama, M.Pd
NIP 19670311 199303 1 018
Lembar Penilaian Kognitif
LAKS
1. Suatu kejadian yang menunjukan kenaikan harga-harga secara umum dan terus
menerus disebut.....
a. Resesi d. Inflasi
b. Krisis e.
Deflasi
c. Devaluasi
2. Pemerintah sebagai penyelenggara negara harus berhati-hati dalam melakukan
pengelolaan perekonomian agar tidak terjadi inflasi. Inflasi yang disebabkan karena
keslahaan pengelolaan perekonomian suatu negara, isalnya pencetakan uang baru disebut....
a. Imported inflation d. Domestic inflation
b.
Demand pull inflation e.
Cost push inflation
c. Hyper inflation
3. Apabila tingkat inflasi di Indonesia adalah 7% maka berdasarkan tingkat
keparahannya inflasi diindonesia tergolong dalam kategori
a. Inflasi ringan d. Hyperinflation
b. In flasi sedang e.
Inflasi n ormal
c. Inflasi berat
4. Inflasi yang berkisar 10%-30% pertahun dan belum membahayakan kegiatan
ekonomi digolongkan dalam inflasi...
a. Sangat rendah d.
Menengah tinggi
b. Rendah e.
Tinggi
c.
Sedang
5.
Pemerintah berkerjasama
dengan masyarakat untuk mengendalikan jumlah uang yang beredar dimasyarakat
agar tidak terjadi inflasi. Karena peredaran uang yang berlebihan akan
menyebabkan inflasi. Ini adalah teori...
a.
Kuantitas d.
Kesempatan
b.
Keynes e. Struktural
c.
Porbalitas
Lembar Penilaian Afektif (Pendidikan
Karakter Bangsa dan Anti Korupsi)
NIS
|
NAMA SISWA
|
JK
|
Karakter Yang
Diharapkan
|
|||||
Kerja Keras
|
Jujur
|
Saling Menghargai
|
Mandiri
|
Disiplin
|
JM
|
|||
16044
|
ADRYAN PAMBAHAKO
|
L
|
|
|||||
16045
|
AINUN CAHYANTI
|
P
|
|
|||||
16046
|
ALVIN MAHENDRA SALIM
|
L
|
|
|||||
16047
|
ANGGELITHA POPO BONIVASIA DJOEMANI
|
P
|
|
|||||
16048
|
ANITA TRIANA
|
P
|
|
|||||
16049
|
AULISA AMARIA SAHIR
|
P
|
|
|||||
16050
|
BRYAN AGRYSWARA MUIS
|
L
|
|
|||||
16051
|
DENTY AYUDA
|
P
|
|
|||||
16052
|
DIMAS MANGGALA PUTRA
|
L
|
|
|||||
16053
|
DINDA ZULIA RINI ARIYANI
|
P
|
|
|||||
16054
|
HASRIF NOVA S
|
L
|
|
|||||
16055
|
HERINA LA ANTI
|
P
|
|
|||||
16056
|
HILDA SRI RUHIDA
|
P
|
|
|||||
16057
|
I.G.A.R CAHRISETIA DEWI
|
P
|
|
|||||
16058
|
IKHSAN HARMINSYAH
|
L
|
|
|||||
16059
|
INTAN MAYA PUTRI
|
P
|
|
|||||
16060
|
ISLAH AMALIA
|
P
|
|
|||||
16061
|
ISRAWATI
|
P
|
|
|||||
16062
|
MARIO JULASMAR HERIL
|
L
|
|
|||||
16063
|
MONICHA MARSELIANA ANAWAY
|
P
|
|
|||||
16064
|
MUH ALI HUSEN
|
L
|
|
|||||
16065
|
MUH HASRIAWANTO
|
L
|
|
|||||
16066
|
MUHAMMAD MUDZAKKIR SUKARDI
|
L
|
|
|||||
16067
|
MUH MAULANA ALISAPUTRA
|
L
|
|
|||||
16203
|
MUKSIN
|
L
|
|
|||||
16068
|
NUR AFNI EKA S
|
P
|
|
|||||
16069
|
NURUL HIDAYAT
|
P
|
|
|||||
16079
|
NURUL MUJAHIDAH
|
P
|
|
|||||
16070
|
OPYE TRIPANY P
|
P
|
|
|||||
16071
|
RAFLY ANUGRA PRATAMA
|
L
|
|
|||||
16072
|
RAHMAT RUSMANTO
|
L
|
|
|||||
16073
|
RANI ANGGRAINI
|
P
|
|
|||||
16074
|
RETNO PANGESTUTI ISLAMININGRUM
|
P
|
|
|||||
16075
|
RISKA AGUSTIYANTI
|
P
|
|
|||||
16076
|
RISKAYANTI JURAHMAN
|
P
|
|
|||||
16207
|
RIDHAL AGUNG MAHENDRA
|
L
|
|
|||||
16077
|
SILFANI ARFITA UTAMI ARFAH
|
P
|
|
|||||
16078
|
SISWANI INESDA BATARA
|
P
|
|
|||||
16080
|
YULISTIAN
|
P
|
|
|||||
16081
|
ZARAH SAGITA TAWULO
|
P
|
|
|||||
16082
|
ZUCI RAHMANI ZAINAL
|
P
|
|
Keterangan :
Nilai
Masing – masing komponen berkisar 1 -4
Nilai
akhir : jumlah nilai dari masing – masing komponen yang telah dikalikan dengan
bobot dibagi sepuluh
Lembar Penilaian Psikomotorik
(Kewirausahaan)
NIS
|
NAMA SISWA
|
JK
|
Aspek Yang
Diamati
|
||||
Kreatif
|
Analitis
|
Teliti
|
Cermat
|
Jum
|
|||
16044
|
ADRYAN PAMBAHAKO
|
L
|
|||||
16045
|
AINUN CAHYANTI
|
P
|
|||||
16046
|
ALVIN MAHENDRA SALIM
|
L
|
|||||
16047
|
ANGGELITHA POPO BONIVASIA DJOEMANI
|
P
|
|||||
16048
|
ANITA TRIANA
|
P
|
|||||
16049
|
AULISA AMARIA SAHIR
|
P
|
|||||
16050
|
BRYAN AGRYSWARA MUIS
|
L
|
|||||
16051
|
DENTY AYUDA
|
P
|
|||||
16052
|
DIMAS MANGGALA PUTRA
|
L
|
|||||
16053
|
DINDA ZULIA RINI ARIYANI
|
P
|
|||||
16054
|
HASRIF NOVA S
|
L
|
|||||
16055
|
HERINA LA ANTI
|
P
|
|||||
16056
|
HILDA SRI RUHIDA
|
P
|
|||||
16057
|
I.G.A.R CAHRISETIA DEWI
|
P
|
|||||
16058
|
IKHSAN HARMINSYAH
|
L
|
|||||
16059
|
INTAN MAYA PUTRI
|
P
|
|||||
16060
|
ISLAH AMALIA
|
P
|
|||||
16061
|
ISRAWATI
|
P
|
|||||
16062
|
MARIO JULASMAR HERIL
|
L
|
|||||
16063
|
MONICHA MARSELIANA ANAWAY
|
P
|
|||||
16064
|
MUH ALI HUSEN
|
L
|
|||||
16065
|
MUH HASRIAWANTO
|
L
|
|||||
16066
|
MUHAMMAD MUDZAKKIR SUKARDI
|
L
|
|||||
16067
|
MUH MAULANA ALISAPUTRA
|
L
|
|||||
16203
|
MUKSIN
|
L
|
|||||
16068
|
NUR AFNI EKA S
|
P
|
|||||
16069
|
NURUL HIDAYAT
|
P
|
|||||
16079
|
NURUL MUJAHIDAH
|
P
|
|||||
16070
|
OPYE TRIPANY P
|
P
|
|||||
16071
|
RAFLY ANUGRA PRATAMA
|
L
|
|||||
16072
|
RAHMAT RUSMANTO
|
L
|
|||||
16073
|
RANI ANGGRAINI
|
P
|
|||||
16074
|
RETNO PANGESTUTI ISLAMININGRUM
|
P
|
|||||
16075
|
RISKA AGUSTIYANTI
|
P
|
|||||
16076
|
RISKAYANTI JURAHMAN
|
P
|
|||||
16207
|
RIDHAL AGUNG MAHENDRA
|
L
|
|||||
16077
|
SILFANI ARFITA UTAMI ARFAH
|
P
|
|||||
16078
|
SISWANI INESDA BATARA
|
P
|
|||||
16080
|
YULISTIAN
|
P
|
|||||
16081
|
ZARAH SAGITA TAWULO
|
P
|
|||||
16082
|
ZUCI RAHMANI ZAINAL
|
P
|
|
|
|
|
|
*) Nilai maksimal tiap aspek 25 ( 25 x 4 = 100 )
thanks gan...............
BalasHapus