RPP
SATUAN
PENDIDIKAN : SMA N 4 KENDARI
KELAS/SEMESTER : X7 / 2
MATA
PELAJARAN : EKONOMI
ALOKASI
WAKTU : 3X45 MENIT
STANDAR
KOPETENSI : 7. MEMAHAMI UANG DAN
PERBANKAN
KOPETENSI
DASR : 7.1 MENJELASKAN KONSEP
PERMINTAAN DAN
PENAWARAN UANG
PERTEMUAN PERTAMA
A. INDIKATOR
1.
Mendeskripsikan
sejarah uang
2.
Mengidentifikasi
kelemahan tahap tahap sejarah uang
3.
Mengidentifikasi
persyaratan benda menjadi uang
4.
Mengidentifikasi
fungsi uang
5.
Mengidentifikasi
jenis uang
B. TUJUAN
PEMBELAJARAN
1.
Siswa
dapat menceritakan sejarah uang
2.
Siswa
dapat menjelaskan kelemahan kelemahan perkembangan sejarah uang
3.
Siswa
dapat menjelaskan syarat barang/benda menjadi uang
4.
Siswa
dapat menjelaskan fungsi uang
5.
Siswa
dapat membedakan jenis-jenis uang
- Karakter siswa yang
diharapkan :
demokratis, Jujur, saling menghargai.Mandiri,percaya diri
- Kewirausahaan /
Ekonomi Kreatif :
Kreatif, Analitis, Teliti, Cermat
- Pendidikan anti korupsi
Tanggung jawab
C.
MATERI POKOK
1.
Sejarah
perkembangan uang
2.
Pemgertian
uang
3.
Syarat
barang yang digunakan sebagai uang
4.
Fungsi
uang
5.
Jenis
uang
D. PENDEKATAN
kooperative lernaing
E. MODEL
MENCARI PASANGAN
F. METODE
PEMBELAJARAN
Diskusi,tanya jawab dan
penugasan
G. Langkah –
Langkah Pembelajaran
Kegiatan Pembelajaran
|
Alokasi Waktu
|
1.
Kegiatan
Awal
a)
Guru memeriksa kehadiran dan kesiapan siswa menerima
pelajaran
b)
Guru menjelaskan kompetensi dasar yang harus dicapai
dan Indikator Pencapaian Kompetensi.
c)
Apersepsi
: Guru menanyakan materi minggu lalu tentang pendapatan Perkapita
d)
Motivasi
: uang adalah suatu benda yang dapat diterima secara umum oleh masyarakat
yang dapat digunakan sebagai alat tukar atau alat pembayaran
|
15 mnt
|
2.
Kegiatan
Inti
Eksplorasi
a)
Guru memyampaikan isi materi yang akan dicapai
b)
Guru menjelaskan tentang model pembelajaran mencari
pasangn kepa siswa
Elaborasi
Dalam
kegiatan elaborasi, guru:
1.
Guru
menyiapkan beberapa kartu yang berisi beberapa konsep atau topic yang mungkin
cocok untuk sesi reviw
2.
Setiap
siswa mendapat 1 buah kartyu
3.
Setiap
siswa ,mencari pasangan yang cocok dengan kartu kartunya. Missal karu SBY
akan berpasangan dengan presiden RI
4.
Siswa
juga bias berpasangan dengan 3 atau levbih yang memanmg kartunya saling
berkecocokan
Konfirmasi
Dalam
kegiatan konfirmasi, Siswa:
a) Menyimpulkan tentang hal-hal yang belum
diketahui
b) Menjelaskan tentang hal-hal yang belum
diketahui.
|
90 Mnt
|
3. Kegiatan
Akhir
a)
Guru dan siswa melakukan refleksi.
b) Penilaian
·
Hasil
kerja kelompok (kognitif)
·
Lembar
pengamatan (afektif)
·
Lembar
pengamatan (psiko motorik)
c) Siswa mengerjakan soal-soal evaluasi
|
30 mnt
|
G. Sumber dan Alat
1. Sukardi. 2009. Ekonomi 1 Untuk SMA/ MA Kelas X. Pusat
Perbukuan Departemen Pendidkan Nasional : Jakarta
2. Nur Mulyani, Sri dkk. 2009. Ekonomi 1 : Untuk Sekolah Menengah Atas/Madrasah
Aliyah Kelas X. Pusat Perbukuan Departemen Pendidkan Nasional : Jakarta
3. LKS
4. Spidol & Papan Tulis
5. LCD
H.
Penilaian
a) Prosedur
Penilaian
1. Penilaian
Proses (Lembar Pengamatan)
2. Penugasan/Post
test
b) Teknik
Penilaian
1. Tertulis
2. Lisan
c) Instrumen
Penilaian
1. Lembar Kerja
Siswa
Kendari, Mei 2013
Guru Mata
Pelajaran Ekonomi Guru
PPL
Dra. MURNI LAKORO FIRDAUS
NIP. 19590304 198403 2 007 NIM: A1A1 09 078
MENGETAHUI
a.n Kepala SMA N 4 Kendari
Wakil Kordinator Sekolah
Drs.
Sahama, M.Pd
NIP
19670311 199303 1 018
Lembar Penilaian Kognitif
Lembar Kerja Siswa
1. Di bawah ini termasuk
syarat-syarat uang kecuali ….
a. Nilainya mudah berubah b.
Tidak mudah dibagi-bagi
c. Tidak mudah rusak d. Jumlahnya terbatas
e. portability
2. Uang memiliki fungsi
sebagai berikut
1)
alat pembentuk kekayaan
2)
alat pembayaran utang
3)
alat penukaran umum
4)
alat satuan hitung
Yang
merupakan fungsi asli uang adalah ….
a. 1 dan 2 b. 1 dan 3
c. 1 dan 4 d. 2 dan 4
e. 3 dan 4
3. Pada selembar uang
Rp.100.000,00, angka Rp.100.000,00 tersebut merupakan nilai…
a. Eksternal b. Internal
c. Intrinsik d. ekstrinsik
e. nominal
4. berikut ini yang merupakan fungsi
turunan uang adalah
a. sebagai alat pembayaran utang dan alat
tukar
b. sebagai alat tukar dan satuan hitung
c. sebagai
alat pembayaran uatang, penimbun kekayaan, dan pemindah kekayaan
d. sebagai alat pembayaran saja
e. sebagai alat tukar, alat pembayaran
utang, penimbun kekayaan dan pemindah kekayaan
5.
berikut
ini yang merupakan jenis uang berdasarkan lembaga yang mengeluarkanya
a. uang logam dan uan g kertas
b. uang
kartal dan uang giral
c. full bodied money dan token money
d. internal value dan eksternal value
e. uang palsu dan uang asli
Lembar Penilaian Afektif (Pendidikan
Karakter Bangsa dan Anti Korupsi)
NIS
|
NAMA SISWA
|
JK
|
Karakter Yang Diharapkan
|
||||||
Tanggung jawab
|
demokratis
|
Jujur
|
Saling Menghargai
|
Mandiri
|
Percaya diri
|
JM
|
|||
16044
|
ADRYAN PAMBAHAKO
|
L
|
|
|
|||||
16045
|
AINUN CAHYANTI
|
P
|
|
|
|||||
16046
|
ALVIN MAHENDRA SALIM
|
L
|
|
|
|||||
16047
|
ANGGELITHA POPO BONIVASIA DJOEMANI
|
P
|
|
|
|||||
16048
|
ANITA TRIANA
|
P
|
|
|
|||||
16049
|
AULISA AMARIA SAHIR
|
P
|
|
|
|||||
16050
|
BRYAN AGRYSWARA MUIS
|
L
|
|
|
|||||
16051
|
DENTY AYUDA
|
P
|
|
|
|||||
16052
|
DIMAS MANGGALA PUTRA
|
L
|
|
|
|||||
16053
|
DINDA ZULIA RINI ARIYANI
|
P
|
|
|
|||||
16054
|
HASRIF NOVA S
|
L
|
|
|
|||||
16055
|
HERINA LA ANTI
|
P
|
|
|
|||||
16056
|
HILDA SRI RUHIDA
|
P
|
|
|
|||||
16057
|
I.G.A.R CAHRISETIA DEWI
|
P
|
|
|
|||||
16058
|
IKHSAN HARMINSYAH
|
L
|
|
|
|||||
16059
|
INTAN MAYA PUTRI
|
P
|
|
|
|||||
16060
|
ISLAH AMALIA
|
P
|
|
|
|||||
16061
|
ISRAWATI
|
P
|
|
|
|||||
16062
|
MARIO JULASMAR HERIL
|
L
|
|
|
|||||
16063
|
MONICHA MARSELIANA ANAWAY
|
P
|
|
|
|||||
16064
|
MUH ALI HUSEN
|
L
|
|
|
|||||
16065
|
MUH HASRIAWANTO
|
L
|
|
|
|||||
16066
|
MUHAMMAD MUDZAKKIR SUKARDI
|
L
|
|
|
|||||
16067
|
MUH MAULANA ALISAPUTRA
|
L
|
|
|
|||||
16203
|
MUKSIN
|
L
|
|
|
|||||
16068
|
NUR AFNI EKA S
|
P
|
|
|
|||||
16069
|
NURUL HIDAYAT
|
P
|
|
|
|||||
16079
|
NURUL MUJAHIDAH
|
P
|
|
|
|||||
16070
|
OPYE TRIPANY P
|
P
|
|
|
|||||
16071
|
RAFLY ANUGRA PRATAMA
|
L
|
|
|
|||||
16072
|
RAHMAT RUSMANTO
|
L
|
|
|
|||||
16073
|
RANI ANGGRAINI
|
P
|
|
|
|||||
16074
|
RETNO PANGESTUTI ISLAMININGRUM
|
P
|
|
|
|||||
16075
|
RISKA AGUSTIYANTI
|
P
|
|
|
|||||
16076
|
RISKAYANTI JURAHMAN
|
P
|
|
|
|||||
16207
|
RIDHAL AGUNG MAHENDRA
|
L
|
|
|
|||||
16077
|
SILFANI ARFITA UTAMI ARFAH
|
P
|
|
|
|||||
16078
|
SISWANI INESDA BATARA
|
P
|
|
|
|||||
16080
|
YULISTIAN
|
P
|
|
|
|||||
16081
|
ZARAH SAGITA TAWULO
|
P
|
|
|
|||||
16082
|
ZUCI RAHMANI ZAINAL
|
P
|
|
|
Keterangan :
Nilai
Masing – masing komponen berkisar 1 -4
Nilai
akhir : jumlah nilai dari masing – masing komponen yang telah dikalikan dengan
bobot dibagi sepuluh
Lembar Penilaian Psikomotorik
(Kewirausahaan)
NIS
|
NAMA SISWA
|
JK
|
Aspek Yang Diamati
|
||||
Kreatif
|
Analitis
|
Teliti
|
Cermat
|
Jum
|
|||
16044
|
ADRYAN PAMBAHAKO
|
L
|
|||||
16045
|
AINUN CAHYANTI
|
P
|
|||||
16046
|
ALVIN MAHENDRA SALIM
|
L
|
|||||
16047
|
ANGGELITHA POPO BONIVASIA DJOEMANI
|
P
|
|||||
16048
|
ANITA TRIANA
|
P
|
|||||
16049
|
AULISA AMARIA SAHIR
|
P
|
|||||
16050
|
BRYAN AGRYSWARA MUIS
|
L
|
|||||
16051
|
DENTY AYUDA
|
P
|
|||||
16052
|
DIMAS MANGGALA PUTRA
|
L
|
|||||
16053
|
DINDA ZULIA RINI ARIYANI
|
P
|
|||||
16054
|
HASRIF NOVA S
|
L
|
|||||
16055
|
HERINA LA ANTI
|
P
|
|||||
16056
|
HILDA SRI RUHIDA
|
P
|
|||||
16057
|
I.G.A.R CAHRISETIA DEWI
|
P
|
|||||
16058
|
IKHSAN HARMINSYAH
|
L
|
|||||
16059
|
INTAN MAYA PUTRI
|
P
|
|||||
16060
|
ISLAH AMALIA
|
P
|
|||||
16061
|
ISRAWATI
|
P
|
|||||
16062
|
MARIO JULASMAR HERIL
|
L
|
|||||
16063
|
MONICHA MARSELIANA ANAWAY
|
P
|
|||||
16064
|
MUH ALI HUSEN
|
L
|
|||||
16065
|
MUH HASRIAWANTO
|
L
|
|||||
16066
|
MUHAMMAD MUDZAKKIR SUKARDI
|
L
|
|||||
16067
|
MUH MAULANA ALISAPUTRA
|
L
|
|||||
16203
|
MUKSIN
|
L
|
|||||
16068
|
NUR AFNI EKA S
|
P
|
|||||
16069
|
NURUL HIDAYAT
|
P
|
|||||
16079
|
NURUL MUJAHIDAH
|
P
|
|||||
16070
|
OPYE TRIPANY P
|
P
|
|||||
16071
|
RAFLY ANUGRA PRATAMA
|
L
|
|||||
16072
|
RAHMAT RUSMANTO
|
L
|
|||||
16073
|
RANI ANGGRAINI
|
P
|
|||||
16074
|
RETNO PANGESTUTI ISLAMININGRUM
|
P
|
|||||
16075
|
RISKA AGUSTIYANTI
|
P
|
|||||
16076
|
RISKAYANTI JURAHMAN
|
P
|
|||||
16207
|
RIDHAL AGUNG MAHENDRA
|
L
|
|||||
16077
|
SILFANI ARFITA UTAMI ARFAH
|
P
|
|||||
16078
|
SISWANI INESDA BATARA
|
P
|
|||||
16080
|
YULISTIAN
|
P
|
|||||
16081
|
ZARAH SAGITA TAWULO
|
P
|
|||||
16082
|
ZUCI RAHMANI ZAINAL
|
P
|
|
|
|
|
|
*)
Nilai maksimal tiap aspek 25 ( 25 x 4 = 100 )
Baccarat | Rules - Wilbur / The Wood - Wolverione
BalasHapusBet at 메이저 바카라 사이트 least $10 with $10 stake in the bet. · If you place a wager you will lose. · If you place a wager you will lose. · If you place a wager you will lose. · If you place a wager you will lose.