Minggu, 09 Juni 2013

RPP EKONOMI KELAS X UANG



RPP

SATUAN PENDIDIKAN        : SMA N 4 KENDARI
KELAS/SEMESTER             : X7 / 2
MATA PELAJARAN             : EKONOMI
ALOKASI WAKTU                : 3X45 MENIT
STANDAR KOPETENSI      : 7. MEMAHAMI UANG DAN PERBANKAN
KOPETENSI DASR              : 7.1 MENJELASKAN KONSEP PERMINTAAN DAN
                                                        PENAWARAN UANG
 PERTEMUAN PERTAMA
A.   INDIKATOR
1.    Mendeskripsikan sejarah uang
2.    Mengidentifikasi kelemahan tahap tahap sejarah uang
3.    Mengidentifikasi persyaratan benda menjadi uang
4.    Mengidentifikasi fungsi uang
5.    Mengidentifikasi jenis uang

B.   TUJUAN PEMBELAJARAN
1.    Siswa dapat menceritakan sejarah uang
2.    Siswa dapat menjelaskan kelemahan kelemahan perkembangan sejarah uang
3.    Siswa dapat menjelaskan syarat barang/benda menjadi uang
4.    Siswa dapat menjelaskan fungsi uang
5.    Siswa dapat membedakan jenis-jenis uang
-       Karakter siswa yang diharapkan  : 
demokratis, Jujur, saling menghargai.Mandiri,percaya diri
-       Kewirausahaan / Ekonomi Kreatif   : 
Kreatif, Analitis, Teliti, Cermat
-       Pendidikan anti korupsi
Tanggung jawab

C.   MATERI POKOK
1.   Sejarah perkembangan uang
2.   Pemgertian uang
3.   Syarat barang yang digunakan sebagai uang
4.   Fungsi uang
5.   Jenis uang

D.   PENDEKATAN
kooperative lernaing

E.    MODEL
MENCARI PASANGAN

F.    METODE PEMBELAJARAN
Diskusi,tanya jawab dan penugasan

G.   Langkah – Langkah Pembelajaran
Kegiatan Pembelajaran
Alokasi Waktu
1.    Kegiatan Awal
a)    Guru memeriksa kehadiran dan kesiapan siswa menerima pelajaran
b)    Guru menjelaskan kompetensi dasar yang harus dicapai dan Indikator Pencapaian Kompetensi.
c)    Apersepsi : Guru menanyakan materi minggu lalu tentang pendapatan Perkapita
d)    Motivasi : uang adalah suatu benda yang dapat diterima secara umum oleh masyarakat yang dapat digunakan sebagai alat tukar atau alat pembayaran

15 mnt
2.    Kegiatan Inti
Eksplorasi
a)    Guru memyampaikan isi materi yang akan dicapai
b)    Guru menjelaskan tentang model pembelajaran mencari pasangn kepa siswa
Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
1.    Guru menyiapkan beberapa kartu yang berisi beberapa konsep atau topic yang mungkin cocok untuk sesi reviw
2.    Setiap siswa mendapat 1 buah kartyu
3.    Setiap siswa ,mencari pasangan yang cocok dengan kartu kartunya. Missal karu SBY akan berpasangan dengan presiden RI
4.    Siswa juga bias berpasangan dengan 3 atau levbih yang memanmg kartunya saling berkecocokan
Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, Siswa:
a)    Menyimpulkan tentang hal-hal yang belum diketahui
b)    Menjelaskan tentang hal-hal yang belum diketahui.

90 Mnt
3. Kegiatan Akhir
a)    Guru dan siswa melakukan refleksi.
b)    Penilaian
·         Hasil kerja kelompok (kognitif)
·         Lembar pengamatan (afektif)
·         Lembar pengamatan (psiko motorik)
c)    Siswa mengerjakan soal-soal evaluasi

30 mnt

G. Sumber dan Alat
1.    Sukardi. 2009. Ekonomi 1 Untuk SMA/ MA Kelas X. Pusat Perbukuan Departemen Pendidkan Nasional : Jakarta
2.    Nur Mulyani, Sri dkk. 2009. Ekonomi 1 : Untuk Sekolah Menengah Atas/Madrasah Aliyah Kelas X. Pusat Perbukuan Departemen Pendidkan Nasional : Jakarta
3.    LKS
4.    Spidol & Papan Tulis
5.    LCD

H.   Penilaian
a)    Prosedur Penilaian
1.    Penilaian Proses (Lembar Pengamatan)
2.    Penugasan/Post test
b)    Teknik Penilaian
1.    Tertulis
2.    Lisan
c)    Instrumen Penilaian
1.    Lembar Kerja Siswa


                                                                                                   Kendari,           Mei 2013
Guru Mata Pelajaran Ekonomi                                               Guru PPL


 Dra. MURNI LAKORO                                                          FIRDAUS
        NIP.  19590304 198403 2 007                                           NIM: A1A1 09 078

MENGETAHUI
a.n Kepala SMA N 4 Kendari
Wakil Kordinator Sekolah



Drs. Sahama, M.Pd
NIP 19670311 199303 1 018

Lembar Penilaian Kognitif
Lembar Kerja Siswa
1.    Di bawah ini termasuk syarat-syarat uang kecuali ….
a. Nilainya mudah berubah     b. Tidak mudah dibagi-bagi
c. Tidak mudah rusak             d. Jumlahnya  terbatas
e. portability
2.    Uang memiliki fungsi sebagai berikut
1)    alat pembentuk kekayaan
2)    alat pembayaran utang
3)    alat penukaran umum
4)    alat satuan hitung
  Yang merupakan fungsi asli uang adalah ….
a. 1 dan 2        b. 1 dan 3
c. 1 dan 4        d. 2 dan 4
e. 3 dan 4
3.    Pada selembar uang Rp.100.000,00, angka Rp.100.000,00 tersebut merupakan nilai…
a. Eksternal                 b. Internal
c. Intrinsik                    d. ekstrinsik
e. nominal
4.    berikut ini yang merupakan fungsi turunan uang adalah
a.    sebagai alat pembayaran utang dan alat tukar
b.    sebagai alat tukar dan satuan hitung
c.    sebagai alat pembayaran uatang, penimbun kekayaan, dan pemindah kekayaan
d.    sebagai alat pembayaran saja
e.    sebagai alat tukar, alat pembayaran utang, penimbun kekayaan dan pemindah kekayaan

5.    berikut ini yang merupakan jenis uang berdasarkan lembaga yang mengeluarkanya
a.    uang logam dan uan g kertas
b.    uang kartal dan uang giral
c.    full bodied money dan token money
d.    internal value dan eksternal value
e.    uang palsu dan uang asli











Lembar Penilaian Afektif (Pendidikan Karakter Bangsa dan Anti Korupsi)
NIS
NAMA SISWA
JK
Karakter Yang Diharapkan
Tanggung jawab
demokratis
Jujur
Saling Menghargai
Mandiri
Percaya diri
JM
16044
ADRYAN PAMBAHAKO
L







16045
AINUN CAHYANTI
P







16046
ALVIN MAHENDRA SALIM
L







16047
ANGGELITHA POPO BONIVASIA DJOEMANI
P







16048
ANITA TRIANA
P







16049
AULISA AMARIA SAHIR
P







16050
BRYAN AGRYSWARA MUIS
L







16051
DENTY AYUDA
P







16052
DIMAS MANGGALA PUTRA
L







16053
DINDA ZULIA RINI ARIYANI
P







16054
HASRIF NOVA S
L







16055
HERINA LA ANTI
P







16056
HILDA SRI RUHIDA
P







16057
I.G.A.R CAHRISETIA DEWI
P







16058
IKHSAN HARMINSYAH
L







16059
INTAN MAYA PUTRI
P







16060
ISLAH AMALIA
P







16061
ISRAWATI
P







16062
MARIO JULASMAR HERIL
L







16063
MONICHA MARSELIANA ANAWAY
P







16064
MUH ALI HUSEN
L







16065
MUH HASRIAWANTO
L







16066
MUHAMMAD MUDZAKKIR SUKARDI
L







16067
MUH MAULANA ALISAPUTRA
L







16203
MUKSIN
L







16068
NUR AFNI EKA S
P







16069
NURUL HIDAYAT
P







16079
NURUL MUJAHIDAH
P







16070
OPYE TRIPANY P
P







16071
RAFLY ANUGRA PRATAMA
L







16072
RAHMAT RUSMANTO
L







16073
RANI ANGGRAINI
P







16074
RETNO PANGESTUTI ISLAMININGRUM
P







16075
RISKA AGUSTIYANTI
P







16076
RISKAYANTI JURAHMAN
P







16207
RIDHAL AGUNG MAHENDRA
L







16077
SILFANI ARFITA UTAMI ARFAH
P







16078
SISWANI INESDA BATARA
P







16080
YULISTIAN
P







16081
ZARAH SAGITA TAWULO
P







16082
ZUCI RAHMANI ZAINAL
P







Keterangan :
*      Nilai Masing – masing komponen berkisar 1 -4
*      Nilai akhir : jumlah nilai dari masing – masing komponen yang telah dikalikan dengan bobot dibagi sepuluh
Lembar Penilaian Psikomotorik (Kewirausahaan)
NIS
NAMA SISWA
JK
Aspek Yang Diamati
Kreatif
Analitis
Teliti
Cermat
Jum
16044
ADRYAN PAMBAHAKO
L





16045
AINUN CAHYANTI
P





16046
ALVIN MAHENDRA SALIM
L





16047
ANGGELITHA POPO BONIVASIA DJOEMANI
P





16048
ANITA TRIANA
P





16049
AULISA AMARIA SAHIR
P





16050
BRYAN AGRYSWARA MUIS
L





16051
DENTY AYUDA
P





16052
DIMAS MANGGALA PUTRA
L





16053
DINDA ZULIA RINI ARIYANI
P





16054
HASRIF NOVA S
L





16055
HERINA LA ANTI
P





16056
HILDA SRI RUHIDA
P





16057
I.G.A.R CAHRISETIA DEWI
P





16058
IKHSAN HARMINSYAH
L





16059
INTAN MAYA PUTRI
P





16060
ISLAH AMALIA
P





16061
ISRAWATI
P





16062
MARIO JULASMAR HERIL
L





16063
MONICHA MARSELIANA ANAWAY
P





16064
MUH ALI HUSEN
L





16065
MUH HASRIAWANTO
L





16066
MUHAMMAD MUDZAKKIR SUKARDI
L





16067
MUH MAULANA ALISAPUTRA
L





16203
MUKSIN
L





16068
NUR AFNI EKA S
P





16069
NURUL HIDAYAT
P





16079
NURUL MUJAHIDAH
P





16070
OPYE TRIPANY P
P





16071
RAFLY ANUGRA PRATAMA
L





16072
RAHMAT RUSMANTO
L





16073
RANI ANGGRAINI
P





16074
RETNO PANGESTUTI ISLAMININGRUM
P





16075
RISKA AGUSTIYANTI
P





16076
RISKAYANTI JURAHMAN
P





16207
RIDHAL AGUNG MAHENDRA
L





16077
SILFANI ARFITA UTAMI ARFAH
P





16078
SISWANI INESDA BATARA
P





16080
YULISTIAN
P





16081
ZARAH SAGITA TAWULO
P





16082
ZUCI RAHMANI ZAINAL
P





*) Nilai maksimal tiap aspek 25 ( 25 x 4 = 100 )









1 komentar:

  1. Baccarat | Rules - Wilbur / The Wood - Wolverione
    Bet at 메이저 바카라 사이트 least $10 with $10 stake in the bet. · If you place a wager you will lose. · If you place a wager you will lose. · If you place a wager you will lose. · If you place a wager you will lose.

    BalasHapus