RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Sekolah : SMAN 4
Kendari
Mata Pelajaran : Ekonomi
Kelas / Semester : X7/2
Alokasi Waktu : 3 x 45 menit
Standar Kompetensi : 5. Memahami Produk Domestik Bruto (PDB),
Produk Domestik
Regional Bruto (PDRB), Pendapatan Nasional
Bruto (PNB), dan
Pendapatan Nasional (PN).
Kompetensi Dasar : 5.1 Menjelaskan
konsep PDB, PDRB, PNB, PN.
5.2 Menjelaskan manfaat perhitungan
pendapatan nasional
Indikator Pencapaian Kompetensi :
a.
Mendeskripsikan
pendapatan nasional
b.
Mendeskripsikan
komponen-komponen PDB, PDRB, PNB, PN.
c.
Mendeskripsikan
pendekatan pendapatan nasional
d.
Menghitung
pendapatan nasional dengan 3 pendekatan
A. Tujuan Pembelajaran
1. Siswa dapat Mendeskripsikan pengertian
pendapatan nasional
2. Siswa dapat mendeskripsikan konsep PDB,
PDRB, PNB dan PN
3. Siswa dapat menghitung pendapatan nasional
dengn menggunakan 3 pendekatan
( pendekatan produksi,pendapatan dan
pengeluaran)
4. Siswa dapat mengidentifikasi manfaat
perhitungan pendapatan nasional
-
Karakter siswa yang diharapkan :
§ Jujur, saling menghargai.Mandiri dan disiplin
-
Kewirausahaan / Ekonomi Kreatif :
§
Kreatif, Analitis, Teliti, Cermat
-
Pendidikan anti korupsi
§ Tanggung jawab
B. Materi Pokok
1. Pengertian pendapatan nasional
2. Pengelompokan pendapatan nasional
3. Metode perhitungan pendapatan nasional
4. Manfaat perhitungan pendapatan nasional
C. Pendekatan
Kooperative lerning
D. Model pembelajaran
STAD
E. Metode Pembelajaran
Diskusi kelompok, Tanya Jawab Penugasan dan studi kepustakaan
F. Langkah – Langkah Pembelajaran
Kegiatan Pembelajaran
|
Alokasi Waktu
|
1.
Kegiatan Awal
a)
Guru memeriksa kehadiran dan kesiapan siswa menerima pelajaran
b)
Guru menjelaskan kompetensi dasar yang harus dicapai dan Indikator
Pencapaian Kompetensi.
c)
Apersepsi : Guru menanyakan materi minggu lalu ekonomi
makro
d) Motivasi: dalam
ekonomi makro ada beberapa analisis ekonomi makro diantaranya adalah
pendapatan nasional
|
15 mnt
|
2.
Kegiatan Inti
Eksplorasi
a)
Guru
memyampaikan isi materi yang akan dicapai
b)
Guru
membagikan bahan ajar tentang permasalahan yang akan didiskusikan oleh siswa.
c)
Guru
meminta siswa membentuk kelompok dan mendiskusikan masalah yang telah
dibagikan melalui bahan ajar
Elaborasi
Dalam
kegiatan elaborasi, guru:
Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, Siswa:
a)
Menyimpulkan
tentang hal-hal yang belum diketahui
b)
Menjelaskan
tentang hal-hal yang belum diketahui.
|
90 Mnt
|
3. Kegiatan Akhir
a) Guru dan siswa melakukan refleksi.
b)
Penilaian
·
Hasil kerja kelompok (kognitif)
·
Lembar pengamatan (afektif)
·
Lembar pengamatan (psiko motorik)
c)
Siswa mengerjakan soal-soal evaluasi
|
30 mnt
|
G. Sumber dan Alat
Buku teks, LKS, Infocus, leptop dan spidol
Kendari, 2013
Guru Mata Pelajaran Ekonomi Guru PPL
Dra. MURNI LAKORO FIRDAUS
NIP.
19590304 198403 2 007 NIM: A1A1 09 078
MENGETAHUI
a.n Kepala SMA N 4 Kendari
Wakil Kordinator Sekolah
Drs.
Sahama, M.Pd
NIP 19670311 199303 1 018
Lembar Penilaian Kognitif
Lembar Kerja Siswa
1. Pendapatan
yang diperoleh penduduk suatu propinsi disebut
a.
PDRB d. NNP
b.
GNP e.
PDB
c.
GDP
2. Produk
nasional bruto dikurangi dengan penyusutan dan barang pengganti modal disebut
a.
Gross natonal product
b. Net national product
c.
Disposable income
d.
Personal income
e.
Net national income
3. Perhitungan
pendapatan nasional dengan menggunakan konsep kewarganegaraan disebut
a.
PNB d. PDRB
b.
PN e.
PNN
c.
PI
4. Melalui
pendekatan pengeluaran besarnya pendapatan nasional dihitung dengan rumus
a.
Y=(P1xQ1)+(P2xQ2)+……..(PnxQn)
b.
Y= a+by
c.
Y= r+w+i+n
d.
Y= ax+by
e. Y= C+I+G+(X-M)
5. Konsep
pendapatan nasional apabila disusun secara beruntun adalah
a.
NNI-GNP-PI-DI
b.
GNP-NNI-DI-PI
c. GNP-NNP-NNI-PI-DI
d.
NNP-GNP-NNI-PI-DI
e.
GNP-NNP-NNI-DI-PI
Lembar
Penilaian Afektif (Pendidikan Karakter Bangsa dan Anti Korupsi)
NIS
|
NAMA SISWA
|
JK
|
Karakter Yang Diharapkan
|
|||||
Tanggung jawab
|
Jujur
|
Saling Menghargai
|
Mandiri
|
Disiplin
|
Jum
|
|||
15771
|
ADINDA ILMA HUMARIAH ISMAIL
|
P
|
|
|||||
15772
|
AHMAD SYAKURI
|
L
|
|
|||||
15773
|
AMAL WALDA
|
L
|
|
|||||
15774
|
ANAK AGUNG GEDE SUPRADNYANA
|
L
|
|
|||||
15775
|
ANDI FAIKA RAHMI
|
P
|
|
|||||
15776
|
ANDI RAINDINI R
|
P
|
|
|||||
15777
|
ANNISA BURHALIA
|
P
|
|
|||||
15778
|
APRILIA AYUNITA
|
P
|
|
|||||
15779
|
DELA PUTRI RESQIANTANA
|
P
|
|
|||||
15780
|
EMY SYAMSURIA
|
P
|
|
|||||
15781
|
ETRIYANTI
|
P
|
|
|||||
15782
|
FERLINA
|
P
|
|
|||||
15783
|
DINAR IFTINAN
|
P
|
|
|||||
15784
|
HELVY MUTIARA RIZKY
|
P
|
|
|||||
15785
|
HERY YOGI TRI ANANTA
|
L
|
|
|||||
15786
|
HERLAN AFRIYANDI HAMZAH
|
L
|
|
|||||
15787
|
IFFAH ZATIL ISMAH
|
P
|
|
|||||
15788
|
INTAN PERMATA PUTRI
|
P
|
|
|||||
15789
|
IRMA
|
P
|
|
|||||
15790
|
LA SAFUAN AZKAR
|
L
|
|
|||||
15791
|
MISNA
|
P
|
|
|||||
15792
|
MUFIDAH RUSLAN
|
P
|
|
|||||
15793
|
MUH ANGGRA WIRASTA
|
L
|
|
|||||
15794
|
MUH. JUSDAR HADI NUGROHO
|
L
|
|
|||||
15795
|
MUHAMMAD IRSAN
|
L
|
|
|||||
15796
|
NANDA SELVI
|
P
|
|
|||||
15797
|
NOVIE ADRIYANI WIDYASTUTI S
|
P
|
|
|||||
15798
|
NUR AFNI PRATIWI A
|
P
|
|
|||||
15799
|
NUR SYIFA RAHMATIKA
|
P
|
|
|||||
15800
|
NUR AZIZAH
|
P
|
|
|||||
15801
|
NUR AZIZAH AULIA
|
P
|
|
|||||
15802
|
NUR RAHMIATI RAHIM
|
P
|
|
|||||
15803
|
NURHANNA DASATI
|
P
|
|
|||||
15804
|
POPPY NURUL ASMAUL RAZAK
|
P
|
|
|||||
15805
|
SHERLI MELINDA
|
P
|
|
|||||
15806
|
SITI LATSMI INASSYARAH
|
P
|
|
|||||
15807
|
TIAN AMALIA HALIK
|
P
|
|
|||||
15808
|
WA ODE HIKMA DANI SYAMSUDDIN
|
P
|
|
|||||
15809
|
WA ODE INDRI LESTARI KALIMIN
|
P
|
|
|||||
15810
|
WISDAR ARISTA
|
P
|
|
Keterangan
:
Nilai Masing – masing komponen berkisar
1 -4
Nilai akhir : jumlah nilai dari masing –
masing komponen yang telah dikalikan dengan bobot dibagi sepuluh
Lembar
Penilaian Psikomotorik (Kewirausahaan)
NIS
|
NAMA SISWA
|
JK
|
Aspek Yang Diamati
|
||||
Kreatif
|
Analitis
|
Teliti
|
Cermat
|
Jum
|
|||
15771
|
ADINDA ILMA HUMARIAH ISMAIL
|
P
|
|||||
15772
|
AHMAD SYAKURI
|
L
|
|||||
15773
|
AMAL WALDA
|
L
|
|||||
15774
|
ANAK AGUNG GEDE SUPRADNYANA
|
L
|
|||||
15775
|
ANDI FAIKA RAHMI
|
P
|
|||||
15776
|
ANDI RAINDINI R
|
P
|
|||||
15777
|
ANNISA BURHALIA
|
P
|
|||||
15778
|
APRILIA AYUNITA
|
P
|
|||||
15779
|
DELA PUTRI RESQIANTANA
|
P
|
|||||
15780
|
EMY SYAMSURIA
|
P
|
|||||
15781
|
ETRIYANTI
|
P
|
|||||
15782
|
FERLINA
|
P
|
|||||
15783
|
DINAR IFTINAN
|
P
|
|||||
15784
|
HELVY MUTIARA RIZKY
|
P
|
|||||
15785
|
HERY YOGI TRI ANANTA
|
L
|
|||||
15786
|
HERLAN AFRIYANDI HAMZAH
|
L
|
|||||
15787
|
IFFAH ZATIL ISMAH
|
P
|
|||||
15788
|
INTAN PERMATA PUTRI
|
P
|
|||||
15789
|
IRMA
|
P
|
|||||
15790
|
LA SAFUAN AZKAR
|
L
|
|||||
15791
|
MISNA
|
P
|
|||||
15792
|
MUFIDAH RUSLAN
|
P
|
|||||
15793
|
MUH ANGGRA WIRASTA
|
L
|
|||||
15794
|
MUH. JUSDAR HADI NUGROHO
|
L
|
|||||
15795
|
MUHAMMAD IRSAN
|
L
|
|||||
15796
|
NANDA SELVI
|
P
|
|||||
15797
|
NOVIE ADRIYANI WIDYASTUTI S
|
P
|
|||||
15798
|
NUR AFNI PRATIWI A
|
P
|
|||||
15799
|
NUR SYIFA RAHMATIKA
|
P
|
|||||
15800
|
NUR AZIZAH
|
P
|
|||||
15801
|
NUR AZIZAH AULIA
|
P
|
|||||
15802
|
NUR RAHMIATI RAHIM
|
P
|
|||||
15803
|
NURHANNA DASATI
|
P
|
|||||
15804
|
POPPY NURUL ASMAUL RAZAK
|
P
|
|||||
15805
|
SHERLI MELINDA
|
P
|
|||||
15806
|
SITI LATSMI INASSYARAH
|
P
|
|||||
15807
|
TIAN AMALIA HALIK
|
P
|
|||||
15808
|
WA ODE HIKMA DANI SYAMSUDDIN
|
P
|
|||||
15809
|
WA ODE INDRI LESTARI KALIMIN
|
P
|
|||||
15810
|
WISDAR ARISTA
|
P
|
*) Nilai maksimal tiap aspek 25 (
25 x 4 = 100)
Keterangan
:
Nilai Masing – masing komponen berkisar
1 -4
Nilai akhir : jumlah nilai dari masing –
masing komponen yang telah dikalikan dengan bobot dibagi sepuluh
Tidak ada komentar:
Posting Komentar