Minggu, 09 Juni 2013

RPP KELAS X EKONOMI PENDAPATAN NASIONAL



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)


Sekolah                       : SMAN 4 Kendari
Mata Pelajaran          : Ekonomi
Kelas / Semester        : X7/2
Alokasi Waktu           : 3 x 45 menit
Standar Kompetensi : 5. Memahami Produk Domestik Bruto (PDB), Produk Domestik
  Regional Bruto (PDRB), Pendapatan Nasional Bruto (PNB), dan
Pendapatan Nasional (PN).

Kompetensi Dasar     : 5.1 Menjelaskan konsep PDB, PDRB, PNB, PN.
   5.2 Menjelaskan manfaat perhitungan pendapatan nasional
Indikator Pencapaian Kompetensi  :
a.       Mendeskripsikan pendapatan nasional
b.      Mendeskripsikan komponen-komponen PDB, PDRB, PNB, PN.
c.       Mendeskripsikan pendekatan pendapatan nasional
d.      Menghitung pendapatan nasional dengan 3 pendekatan

A.     Tujuan Pembelajaran
1.      Siswa dapat Mendeskripsikan pengertian pendapatan nasional
2.      Siswa dapat mendeskripsikan konsep PDB, PDRB, PNB dan PN
3.      Siswa dapat menghitung pendapatan nasional dengn menggunakan 3 pendekatan
 ( pendekatan produksi,pendapatan dan pengeluaran)
4.      Siswa dapat mengidentifikasi manfaat perhitungan pendapatan nasional
-          Karakter siswa yang diharapkan  : 
§    Jujur, saling menghargai.Mandiri dan disiplin
-          Kewirausahaan / Ekonomi Kreatif   : 
§   Kreatif, Analitis, Teliti, Cermat
-          Pendidikan anti korupsi
§   Tanggung jawab
B.     Materi Pokok
1.      Pengertian pendapatan nasional
2.      Pengelompokan pendapatan nasional
3.      Metode perhitungan pendapatan nasional
4.      Manfaat perhitungan pendapatan nasional

C.      Pendekatan
            Kooperative lerning
D.      Model pembelajaran
STAD
E.     Metode Pembelajaran
Diskusi kelompok, Tanya Jawab Penugasan dan studi kepustakaan

F.     Langkah – Langkah Pembelajaran
Kegiatan Pembelajaran
Alokasi Waktu
1.      Kegiatan Awal
a)      Guru memeriksa kehadiran dan kesiapan siswa menerima pelajaran
b)     Guru menjelaskan kompetensi dasar yang harus dicapai dan Indikator Pencapaian Kompetensi.
c)      Apersepsi : Guru menanyakan materi minggu lalu ekonomi makro
d)     Motivasi: dalam ekonomi makro ada beberapa analisis ekonomi makro diantaranya adalah pendapatan nasional

15 mnt
2.      Kegiatan Inti
Eksplorasi
a)      Guru memyampaikan isi materi yang akan dicapai
b)      Guru membagikan bahan ajar tentang permasalahan yang akan didiskusikan oleh siswa.
c)      Guru meminta siswa membentuk kelompok dan mendiskusikan masalah yang telah dibagikan melalui bahan ajar
Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
  1. Membentuk kelompok yang anggotanya = 4 orang secara heterogen (campuran menurut prestasi, jenis kelamin, suku, dll)
  2. Guru menyajikan pelajaran
  3. Guru memberi tugas kepada kelompok untuk dikerjakan oleh anggota-anggota kelompok. Anggotanya tahu menjelaskan pada anggota lainnya sampai semua anggota dalam kelompok itu mengerti.
  4. Guru memberi kuis/pertanyaan kepada seluruh siswa. Pada saat menjawab kuis tidak boleh saling membantu
Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, Siswa:
a)      Menyimpulkan tentang hal-hal yang belum diketahui
b)      Menjelaskan tentang hal-hal yang belum diketahui.

90 Mnt
3. Kegiatan Akhir
a)      Guru dan siswa melakukan refleksi.
b)      Penilaian
·         Hasil kerja kelompok (kognitif)
·         Lembar pengamatan (afektif)
·         Lembar pengamatan (psiko motorik)
c)      Siswa mengerjakan soal-soal evaluasi

30 mnt

G. Sumber dan Alat
            Buku teks, LKS, Infocus, leptop dan spidol

                                                                                                   Kendari,                 2013
Guru Mata Pelajaran Ekonomi                                                Guru PPL


 Dra. MURNI LAKORO                                                       FIRDAUS
        NIP.  19590304 198403 2 007                                          NIM: A1A1 09 078

MENGETAHUI
a.n Kepala SMA N 4 Kendari
Wakil Kordinator Sekolah




Drs. Sahama, M.Pd
NIP 19670311 199303 1 018






Lembar Penilaian Kognitif

Lembar Kerja Siswa

1.      Pendapatan yang diperoleh penduduk suatu propinsi disebut
a.       PDRB                   d. NNP
b.      GNP                      e. PDB
c.       GDP
2.      Produk nasional bruto dikurangi dengan penyusutan dan barang pengganti modal disebut
a.       Gross natonal product
b.      Net national product
c.       Disposable income
d.      Personal income
e.       Net national income
3.      Perhitungan pendapatan nasional dengan menggunakan konsep kewarganegaraan disebut
a.       PNB                      d. PDRB
b.      PN                         e. PNN
c.       PI
4.      Melalui pendekatan pengeluaran besarnya pendapatan nasional dihitung dengan rumus
a.       Y=(P1xQ1)+(P2xQ2)+……..(PnxQn)
b.      Y= a+by
c.       Y= r+w+i+n
d.      Y= ax+by
e.       Y= C+I+G+(X-M)
5.      Konsep pendapatan nasional apabila disusun secara beruntun adalah
a.       NNI-GNP-PI-DI
b.      GNP-NNI-DI-PI
c.       GNP-NNP-NNI-PI-DI
d.      NNP-GNP-NNI-PI-DI
e.       GNP-NNP-NNI-DI-PI










Lembar Penilaian Afektif (Pendidikan Karakter Bangsa dan Anti Korupsi)
NIS
NAMA SISWA
JK
Karakter Yang Diharapkan
Tanggung jawab
Jujur
Saling Menghargai
Mandiri
Disiplin
Jum
15771
ADINDA ILMA HUMARIAH ISMAIL
P






15772
AHMAD SYAKURI
L






15773
AMAL WALDA
L






15774
ANAK AGUNG GEDE SUPRADNYANA
L






15775
ANDI FAIKA RAHMI
P






15776
ANDI RAINDINI R
P






15777
ANNISA BURHALIA
P






15778
APRILIA AYUNITA
P






15779
DELA PUTRI RESQIANTANA
P






15780
EMY SYAMSURIA
P






15781
ETRIYANTI
P






15782
FERLINA
P






15783
DINAR IFTINAN
P






15784
HELVY MUTIARA RIZKY
P






15785
HERY YOGI TRI ANANTA
L






15786
HERLAN AFRIYANDI HAMZAH
L






15787
IFFAH ZATIL ISMAH
P






15788
INTAN PERMATA PUTRI
P






15789
IRMA
P






15790
LA SAFUAN AZKAR
L






15791
MISNA
P






15792
MUFIDAH RUSLAN
P






15793
MUH ANGGRA WIRASTA
L






15794
MUH. JUSDAR HADI NUGROHO
L






15795
MUHAMMAD IRSAN
L






15796
NANDA SELVI
P






15797
NOVIE ADRIYANI WIDYASTUTI S
P






15798
NUR AFNI PRATIWI A
P






15799
NUR SYIFA RAHMATIKA
P






15800
NUR AZIZAH
P






15801
NUR AZIZAH AULIA
P






15802
NUR RAHMIATI RAHIM
P






15803
NURHANNA DASATI
P






15804
POPPY NURUL ASMAUL RAZAK
P






15805
SHERLI MELINDA
P






15806
SITI LATSMI INASSYARAH
P






15807
TIAN AMALIA HALIK
P






15808
WA ODE HIKMA DANI SYAMSUDDIN
P






15809
WA ODE INDRI LESTARI KALIMIN
P






15810
WISDAR ARISTA
P







Keterangan :
*      Nilai Masing – masing komponen berkisar 1 -4
*      Nilai akhir : jumlah nilai dari masing – masing komponen yang telah dikalikan dengan bobot dibagi sepuluh

Lembar Penilaian Psikomotorik (Kewirausahaan)
NIS
NAMA SISWA
JK
Aspek Yang Diamati
Kreatif
Analitis
Teliti
Cermat
Jum
15771
ADINDA ILMA HUMARIAH ISMAIL
P





15772
AHMAD SYAKURI
L





15773
AMAL WALDA
L





15774
ANAK AGUNG GEDE SUPRADNYANA
L





15775
ANDI FAIKA RAHMI
P





15776
ANDI RAINDINI R
P





15777
ANNISA BURHALIA
P





15778
APRILIA AYUNITA
P





15779
DELA PUTRI RESQIANTANA
P





15780
EMY SYAMSURIA
P





15781
ETRIYANTI
P





15782
FERLINA
P





15783
DINAR IFTINAN
P





15784
HELVY MUTIARA RIZKY
P





15785
HERY YOGI TRI ANANTA
L





15786
HERLAN AFRIYANDI HAMZAH
L





15787
IFFAH ZATIL ISMAH
P





15788
INTAN PERMATA PUTRI
P





15789
IRMA
P





15790
LA SAFUAN AZKAR
L





15791
MISNA
P





15792
MUFIDAH RUSLAN
P





15793
MUH ANGGRA WIRASTA
L





15794
MUH. JUSDAR HADI NUGROHO
L





15795
MUHAMMAD IRSAN
L





15796
NANDA SELVI
P





15797
NOVIE ADRIYANI WIDYASTUTI S
P





15798
NUR AFNI PRATIWI A
P





15799
NUR SYIFA RAHMATIKA
P





15800
NUR AZIZAH
P





15801
NUR AZIZAH AULIA
P





15802
NUR RAHMIATI RAHIM
P





15803
NURHANNA DASATI
P





15804
POPPY NURUL ASMAUL RAZAK
P





15805
SHERLI MELINDA
P





15806
SITI LATSMI INASSYARAH
P





15807
TIAN AMALIA HALIK
P





15808
WA ODE HIKMA DANI SYAMSUDDIN
P





15809
WA ODE INDRI LESTARI KALIMIN
P





15810
WISDAR ARISTA
P





*) Nilai maksimal tiap aspek 25 ( 25 x 4 = 100)
Keterangan :
*      Nilai Masing – masing komponen berkisar 1 -4
*      Nilai akhir : jumlah nilai dari masing – masing komponen yang telah dikalikan dengan bobot dibagi sepuluh

Tidak ada komentar:

Posting Komentar