RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Sekolah : SMAN 4 Kendari
Mata Pelajaran : Ekonomi
Kelas / Semester : X7 / 2
Alokasi Waktu : 3 x 45 menit
Standar Kompetensi : 6.
Memahami fungsi konsumsi dan investasi
Kompetensi Dasar : 6.1 mendeskripsikan fungsi
konsumsi dan fungsi
tabungan
A. Indikator Pencapaian Kompetensi :
1) Mendeskripsikan
fungsi konsumsi
2) Menerapkan
fungsi konsumsi
3) Mendeskripsikan
fungsi tabungan
4) Menerapkan
fungsi tabungan
B.
Tujuan Pembelajaran
1.
Siswa dapat menjelaskan fungsi konsumsi
2.
Siswa dapat menjelaskan faktor-faktor yang mempengaruhi
konsumsi
3.
Siswa dapat menjelaskan fungsi tabungan
4.
Siswa dapat menjelaskan faktor-faktor yang mempengaruhi
tabungan
5.
Siswa dapat menentukan fungsi konsumsi dan fungsi
tabungan
-
Karakter siswa yang diharapkan :
Rasa ingin tahu,
komunikatif, Peduli
social, disiplin, mandiri
-
Kewirausahaan / Ekonomi Kreatif :
Kreatif, Analitis, Teliti, Cermat
-
Pendidikan anti korupsi
Tanggung jawab
C.
Materi Pokok
1.
Fungsi konsumsi
2.
Fungsi tabungan
3.
Hubungan antara pendapatan disposable, konsumsi dan
tabungan
D.
Pendekatan
Kooperative learning
E. Model
pembelajaran
JIGSAW
F.
Metode Pembelajaran
Diskusi kelompok, Tanya Jawab Penugasan dan studi
kepustakaan
G.
Langkah – Langkah Pembelajaran
Kegiatan
Pembelajaran
|
Alokasi
Waktu
|
1. Kegiatan Awal
a) Guru
memeriksa kehadiran dan kesiapan siswa menerima pelajaran
b) Guru
menjelaskan kompetensi dasar yang harus dicapai dan Indikator Pencapaian Kompetensi.
c) Apersepsi : Guru menanyakan materi minggu
lalu tentang inflasi dan indeks harga
d) Motivasi : Indeks harga dan inflasi adalah
salah satu Indikator Pencapaian Kompetensi perekonomian suatu negara yang
senantiasa menjadi perhatian seluruh masyarakat.
|
15 mnt
|
2. Kegiatan Inti
Eksplorasi
a)
Guru memyampaikan isi materi yang akan dicapai
b)
Guru membagikan bahan ajar tentang permasalahan yang
akan didiskusikan oleh siswa.
c)
Guru meminta siswa membentuk kelompok dan mendiskusikan masalah yang
telah dibagikan melalui bahan ajar
Elaborasi
Dalam
kegiatan elaborasi, guru:
Konfirmasi
Dalam kegiatan
konfirmasi, Siswa:
a)
Menyimpulkan
tentang hal-hal yang belum diketahui
b)
Menjelaskan
tentang hal-hal yang belum diketahui.
|
90 Mnt
|
3. Kegiatan Akhir
a)
Guru dan siswa melakukan refleksi.
b)
Penilaian
·
Hasil
kerja kelompok (kognitif)
·
Lembar
pengamatan (afektif)
·
Lembar
pengamatan (psiko motorik)
c)
Siswa
mengerjakan soal-soal evaluasi
|
30 mnt
|
G. Sumber dan Alat
1.
Sukardi. 2009. Ekonomi 1 Untuk SMA/ MA Kelas X. Pusat
Perbukuan Departemen Pendidkan Nasional : Jakarta
2.
Nur
Mulyani, Sri dkk. 2009. Ekonomi 1 : Untuk
Sekolah Menengah Atas/Madrasah Aliyah Kelas X. Pusat Perbukuan Departemen
Pendidkan Nasional : Jakarta
3.
LKS
4.
Spidol
& Papan Tulis
5.
Peta
Konsep
6.
LCD
H. Penilaian
a)
Prosedur Penilaian
1.
Penilaian Proses (Lembar Pengamatan)
2.
Penugasan/Post test
b)
Teknik Penilaian
1.
Tertulis
2.
Lisan
c)
Instrumen Penilaian
1.
Lembar Kerja Siswa
Kendari, 13 Mei 2013
Guru Mata
Pelajaran Ekonomi Guru
PPL
Dra. MURNI LAKORO FIRDAUS
NIP. 19590304 198403 2 007
NIM: A1A1 09 078
MENGETAHUI
a.n Kepala SMA N 4 Kendari
Wakil Kordinator Sekolah
Drs.
Sahama, M.Pd
NIP 19670311 199303 1 018
Lembar Penilaian Kognitif
Lembar Kerja Siswa
1. Diketahui
fungsi
konsumsi C= 200.000 + 0,70Y. jika besarnya tabungan Rp 100.000, besarnya
konsumsi adalah
a. Rp 900.000 d.
Rp 200.000
b. Rp
1.000.000 e. Rp
700.000
c. Rp.
300.000
2. Diketahui
fungsi konsumsi masyarakat adalah C = 50.000 + 0,25Y. jika pendapatan nasional
sebesar Rp 170.000, maka besarnya tabungan masyarakat adalah
a. Rp
50.000 d. Rp 170.000
b. Rp
100.000 e. Rp. 92.500
c. Rp
70.000
3. Hubungan
antara pendapatan (x) dan konsumsi (y) yang ditunjukan dalam suatu persamaan Y=
20+,5x maka besar MPC adalah
a. 20 d. 7,5
b. 2,5 e. 1,7
c. 1,5
4. Bertambahnya
tabungan dan setiap pendapatan disebut
a. MPS d. APC
b. MPC e. APS
c. MPI
5. Pada
saat pendapatan Rp 250.000 keseluruhan habis dikonsumsi. Dan pada saat
pendapatan Rp 350.000 besarnya konsumsi Rp 315.000. maka besarnya MPS adalah
a. 0,50 d. 0,65
b. 0,45 e. 0,73
c. 0,35
Lembar
Penilaian Afektif (Pendidikan Karakter Bangsa dan Anti Korupsi)
NIS
|
NAMA SISWA
|
JK
|
Karakter Yang Diharapkan
|
||||||
Tanggung jawab
|
komunikatif
|
Peduli sosial
|
disiplin
|
Rasa ingin tahu
|
mandiri
|
Jum
|
|||
15771
|
ADINDA ILMA HUMARIAH ISMAIL
|
P
|
|
|
|||||
15772
|
AHMAD SYAKURI
|
L
|
|
|
|||||
15773
|
AMAL WALDA
|
L
|
|
|
|||||
15774
|
ANAK AGUNG GEDE SUPRADNYANA
|
L
|
|
|
|||||
15775
|
ANDI FAIKA RAHMI
|
P
|
|
|
|||||
15776
|
ANDI RAINDINI R
|
P
|
|
|
|||||
15777
|
ANNISA BURHALIA
|
P
|
|
|
|||||
15778
|
APRILIA AYUNITA
|
P
|
|
|
|||||
15779
|
DELA PUTRI RESQIANTANA
|
P
|
|
|
|||||
15780
|
EMY SYAMSURIA
|
P
|
|
|
|||||
15781
|
ETRIYANTI
|
P
|
|
|
|||||
15782
|
FERLINA
|
P
|
|
|
|||||
15783
|
DINAR IFTINAN
|
P
|
|
|
|||||
15784
|
HELVY MUTIARA RIZKY
|
P
|
|
|
|||||
15785
|
HERY YOGI TRI ANANTA
|
L
|
|
|
|||||
15786
|
HERLAN AFRIYANDI HAMZAH
|
L
|
|
|
|||||
15787
|
IFFAH ZATIL ISMAH
|
P
|
|
|
|||||
15788
|
INTAN PERMATA PUTRI
|
P
|
|
|
|||||
15789
|
IRMA
|
P
|
|
|
|||||
15790
|
LA SAFUAN AZKAR
|
L
|
|
|
|||||
15791
|
MISNA
|
P
|
|
|
|||||
15792
|
MUFIDAH RUSLAN
|
P
|
|
|
|||||
15793
|
MUH ANGGRA WIRASTA
|
L
|
|
|
|||||
15794
|
MUH. JUSDAR HADI NUGROHO
|
L
|
|
|
|||||
15795
|
MUHAMMAD IRSAN
|
L
|
|
|
|||||
15796
|
NANDA SELVI
|
P
|
|
|
|||||
15797
|
NOVIE ADRIYANI WIDYASTUTI S
|
P
|
|
|
|||||
15798
|
NUR AFNI PRATIWI A
|
P
|
|
|
|||||
15799
|
NUR SYIFA RAHMATIKA
|
P
|
|
|
|||||
15800
|
NUR AZIZAH
|
P
|
|
|
|||||
15801
|
NUR AZIZAH AULIA
|
P
|
|
|
|||||
15802
|
NUR RAHMIATI RAHIM
|
P
|
|
|
|||||
15803
|
NURHANNA DASATI
|
P
|
|
|
|||||
15804
|
POPPY NURUL ASMAUL RAZAK
|
P
|
|
|
|||||
15805
|
SHERLI MELINDA
|
P
|
|
|
|||||
15806
|
SITI LATSMI INASSYARAH
|
P
|
|
|
|||||
15807
|
TIAN AMALIA HALIK
|
P
|
|
|
|||||
15808
|
WA ODE HIKMA DANI SYAMSUDDIN
|
P
|
|
|
|||||
15809
|
WA ODE INDRI LESTARI KALIMIN
|
P
|
|
|
|||||
15810
|
WISDAR ARISTA
|
P
|
|
|
Keterangan
:
Nilai Masing – masing komponen berkisar 1 -4
Nilai akhir : jumlah nilai dari masing –
masing komponen yang telah dikalikan dengan bobot dibagi sepuluh
Lembar
Penilaian Psikomotorik (Kewirausahaan)
NIS
|
NAMA SISWA
|
JK
|
Aspek Yang Diamati
|
||||
Kreatif
|
Analitis
|
Teliti
|
Cermat
|
Jum
|
|||
15771
|
ADINDA
ILMA HUMARIAH ISMAIL
|
P
|
|||||
15772
|
AHMAD
SYAKURI
|
L
|
|||||
15773
|
AMAL
WALDA
|
L
|
|||||
15774
|
ANAK
AGUNG GEDE SUPRADNYANA
|
L
|
|||||
15775
|
ANDI
FAIKA RAHMI
|
P
|
|||||
15776
|
ANDI
RAINDINI R
|
P
|
|||||
15777
|
ANNISA
BURHALIA
|
P
|
|||||
15778
|
APRILIA
AYUNITA
|
P
|
|||||
15779
|
DELA
PUTRI RESQIANTANA
|
P
|
|||||
15780
|
EMY
SYAMSURIA
|
P
|
|||||
15781
|
ETRIYANTI
|
P
|
|||||
15782
|
FERLINA
|
P
|
|||||
15783
|
DINAR
IFTINAN
|
P
|
|||||
15784
|
HELVY
MUTIARA RIZKY
|
P
|
|||||
15785
|
HERY
YOGI TRI ANANTA
|
L
|
|||||
15786
|
HERLAN
AFRIYANDI HAMZAH
|
L
|
|||||
15787
|
IFFAH
ZATIL ISMAH
|
P
|
|||||
15788
|
INTAN
PERMATA PUTRI
|
P
|
|||||
15789
|
IRMA
|
P
|
|||||
15790
|
LA
SAFUAN AZKAR
|
L
|
|||||
15791
|
MISNA
|
P
|
|||||
15792
|
MUFIDAH
RUSLAN
|
P
|
|||||
15793
|
MUH
ANGGRA WIRASTA
|
L
|
|||||
15794
|
MUH.
JUSDAR HADI NUGROHO
|
L
|
|||||
15795
|
MUHAMMAD
IRSAN
|
L
|
|||||
15796
|
NANDA
SELVI
|
P
|
|||||
15797
|
NOVIE
ADRIYANI WIDYASTUTI S
|
P
|
|||||
15798
|
NUR
AFNI PRATIWI A
|
P
|
|||||
15799
|
NUR
SYIFA RAHMATIKA
|
P
|
|||||
15800
|
NUR
AZIZAH
|
P
|
|||||
15801
|
NUR
AZIZAH AULIA
|
P
|
|||||
15802
|
NUR
RAHMIATI RAHIM
|
P
|
|||||
15803
|
NURHANNA
DASATI
|
P
|
|||||
15804
|
POPPY
NURUL ASMAUL RAZAK
|
P
|
|||||
15805
|
SHERLI
MELINDA
|
P
|
|||||
15806
|
SITI
LATSMI INASSYARAH
|
P
|
|||||
15807
|
TIAN
AMALIA HALIK
|
P
|
|||||
15808
|
WA
ODE HIKMA DANI SYAMSUDDIN
|
P
|
|||||
15809
|
WA
ODE INDRI LESTARI KALIMIN
|
P
|
|||||
15810
|
WISDAR
ARISTA
|
P
|
*)
Nilai maksimal tiap aspek 25 ( 25 x 4 = 100 )
Keterangan
:
Nilai Masing – masing komponen berkisar 1 -4
Nilai akhir : jumlah nilai dari masing –
masing komponen yang telah dikalikan dengan bobot dibagi sepuluh
Tidak ada komentar:
Posting Komentar