Minggu, 09 Juni 2013

RRPP EKONOMI KELAS X FUNGSI KONSUMSI DAN TABUNGAN



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)


Sekolah                                 : SMAN 4 Kendari
Mata Pelajaran                    : Ekonomi
Kelas / Semester                : X7 / 2
Alokasi Waktu                     : 3 x 45 menit
Standar Kompetensi         : 6. Memahami fungsi konsumsi dan investasi
Kompetensi Dasar             : 6.1 mendeskripsikan fungsi konsumsi dan fungsi
                                                         tabungan

A.   Indikator Pencapaian Kompetensi  :
1)    Mendeskripsikan fungsi konsumsi
2)    Menerapkan fungsi konsumsi
3)    Mendeskripsikan fungsi tabungan
4)    Menerapkan fungsi tabungan

B.   Tujuan Pembelajaran
1.    Siswa dapat menjelaskan fungsi konsumsi
2.    Siswa dapat menjelaskan faktor-faktor yang mempengaruhi konsumsi
3.    Siswa dapat menjelaskan fungsi tabungan
4.    Siswa dapat menjelaskan faktor-faktor yang mempengaruhi tabungan
5.    Siswa dapat menentukan fungsi konsumsi dan fungsi tabungan
-          Karakter siswa yang diharapkan  : 
Rasa ingin tahu, komunikatif, Peduli social, disiplin, mandiri
-          Kewirausahaan / Ekonomi Kreatif   : 
Kreatif, Analitis, Teliti, Cermat
-          Pendidikan anti korupsi
Tanggung jawab

C.   Materi Pokok
1.    Fungsi konsumsi
2.    Fungsi tabungan
3.    Hubungan antara pendapatan disposable, konsumsi dan tabungan

D.    Pendekatan
            Kooperative learning

E.    Model pembelajaran
JIGSAW


F.    Metode Pembelajaran
Diskusi kelompok, Tanya Jawab Penugasan dan studi kepustakaan

G.   Langkah – Langkah Pembelajaran
Kegiatan Pembelajaran
Alokasi Waktu
1.    Kegiatan Awal
a)    Guru memeriksa kehadiran dan kesiapan siswa menerima pelajaran
b)   Guru menjelaskan kompetensi dasar yang harus dicapai dan Indikator Pencapaian Kompetensi.
c)    Apersepsi : Guru menanyakan materi minggu lalu tentang inflasi dan indeks harga
d)   Motivasi : Indeks harga dan inflasi adalah salah satu Indikator Pencapaian Kompetensi perekonomian suatu negara yang senantiasa menjadi perhatian seluruh masyarakat.

15 mnt
2.    Kegiatan Inti
Eksplorasi
a)    Guru memyampaikan isi materi yang akan dicapai
b)    Guru membagikan bahan ajar tentang permasalahan yang akan didiskusikan oleh siswa.
c)    Guru meminta siswa membentuk  kelompok dan mendiskusikan masalah yang telah dibagikan melalui bahan ajar
Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
  1. Siswa dikelompokkan ke dalam = 4 anggota tim
  2. Tiap orang dalam tim diberi bagian materi yang berbeda
  3. Tiap orang dalam tim diberi bagian materi yang ditugaskan
  4. Anggota dari tim yang berbeda yang telah mempelajari bagian/sub bab yang sama bertemu dalam kelompok baru (kelompok ahli) untuk mendiskusikan sub bab mereka
  5. Setelah selesai diskusi sebagai tim ahli tiap anggota kembali ke kelompok asal dan bergantian mengajar teman satu tim mereka tentang sub bab yang mereka kuasai dan tiap anggota lainnya mendengarkan dengan sungguh-sungguh
  6. Tiap tim ahli mempresentasikan hasil diskusi
Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, Siswa:
a)    Menyimpulkan tentang hal-hal yang belum diketahui
b)    Menjelaskan tentang hal-hal yang belum diketahui.

90 Mnt
3. Kegiatan Akhir
a)    Guru dan siswa melakukan refleksi.
b)    Penilaian
·         Hasil kerja kelompok (kognitif)
·         Lembar pengamatan (afektif)
·         Lembar pengamatan (psiko motorik)
c)    Siswa mengerjakan soal-soal evaluasi

30 mnt

G. Sumber dan Alat
1.                Sukardi. 2009. Ekonomi 1 Untuk SMA/ MA Kelas X. Pusat Perbukuan Departemen Pendidkan Nasional : Jakarta
2.    Nur Mulyani, Sri dkk. 2009. Ekonomi 1 : Untuk Sekolah Menengah Atas/Madrasah Aliyah Kelas X. Pusat Perbukuan Departemen Pendidkan Nasional : Jakarta
3.    LKS
4.    Spidol & Papan Tulis
5.    Peta Konsep
6.    LCD

H.   Penilaian
a)    Prosedur Penilaian
1.    Penilaian Proses (Lembar Pengamatan)
2.    Penugasan/Post test
b)    Teknik Penilaian
1.    Tertulis
2.    Lisan
c)    Instrumen Penilaian
1.    Lembar Kerja Siswa



                                                                                                   Kendari, 13 Mei 2013
Guru Mata Pelajaran Ekonomi                                          Guru PPL



 Dra. MURNI LAKORO                                                        FIRDAUS
        NIP.  19590304 198403 2 007                                      NIM: A1A1 09 078

MENGETAHUI
a.n Kepala SMA N 4 Kendari
Wakil Kordinator Sekolah




Drs. Sahama, M.Pd
NIP 19670311 199303 1 018



Lembar Penilaian Kognitif

Lembar Kerja Siswa

1.    Diketahui fungsi konsumsi C= 200.000 + 0,70Y. jika besarnya tabungan Rp 100.000, besarnya konsumsi adalah
a.    Rp 900.000              d. Rp 200.000
b.    Rp 1.000.000                       e. Rp 700.000
c.    Rp. 300.000
2.    Diketahui fungsi konsumsi masyarakat adalah C = 50.000 + 0,25Y. jika pendapatan nasional sebesar Rp 170.000, maka besarnya tabungan masyarakat adalah
a.    Rp 50.000                d. Rp 170.000
b.    Rp 100.000              e. Rp. 92.500
c.    Rp 70.000
3.    Hubungan antara pendapatan (x) dan konsumsi (y) yang ditunjukan dalam suatu persamaan Y= 20+,5x maka besar MPC adalah
a.    20                  d. 7,5
b.    2,5                 e. 1,7
c.    1,5
4.    Bertambahnya tabungan dan setiap pendapatan disebut
a.    MPS              d. APC
b.    MPC              e. APS
c.    MPI
5.    Pada saat pendapatan Rp 250.000 keseluruhan habis dikonsumsi. Dan pada saat pendapatan Rp 350.000 besarnya konsumsi Rp 315.000. maka besarnya MPS adalah
a.    0,50               d. 0,65
b.    0,45               e. 0,73
c.    0,35





Lembar Penilaian Afektif (Pendidikan Karakter Bangsa dan Anti Korupsi)
NIS
NAMA SISWA
JK
Karakter Yang Diharapkan
Tanggung jawab
komunikatif
Peduli sosial
disiplin
Rasa ingin tahu
mandiri
Jum
15771
ADINDA ILMA HUMARIAH ISMAIL
P







15772
AHMAD SYAKURI
L







15773
AMAL WALDA
L







15774
ANAK AGUNG GEDE SUPRADNYANA
L







15775
ANDI FAIKA RAHMI
P







15776
ANDI RAINDINI R
P







15777
ANNISA BURHALIA
P







15778
APRILIA AYUNITA
P







15779
DELA PUTRI RESQIANTANA
P







15780
EMY SYAMSURIA
P







15781
ETRIYANTI
P







15782
FERLINA
P







15783
DINAR IFTINAN
P







15784
HELVY MUTIARA RIZKY
P







15785
HERY YOGI TRI ANANTA
L







15786
HERLAN AFRIYANDI HAMZAH
L







15787
IFFAH ZATIL ISMAH
P







15788
INTAN PERMATA PUTRI
P







15789
IRMA
P







15790
LA SAFUAN AZKAR
L







15791
MISNA
P







15792
MUFIDAH RUSLAN
P







15793
MUH ANGGRA WIRASTA
L







15794
MUH. JUSDAR HADI NUGROHO
L







15795
MUHAMMAD IRSAN
L







15796
NANDA SELVI
P







15797
NOVIE ADRIYANI WIDYASTUTI S
P







15798
NUR AFNI PRATIWI A
P







15799
NUR SYIFA RAHMATIKA
P







15800
NUR AZIZAH
P







15801
NUR AZIZAH AULIA
P







15802
NUR RAHMIATI RAHIM
P







15803
NURHANNA DASATI
P







15804
POPPY NURUL ASMAUL RAZAK
P







15805
SHERLI MELINDA
P







15806
SITI LATSMI INASSYARAH
P







15807
TIAN AMALIA HALIK
P







15808
WA ODE HIKMA DANI SYAMSUDDIN
P







15809
WA ODE INDRI LESTARI KALIMIN
P







15810
WISDAR ARISTA
P








Keterangan :
*      Nilai Masing – masing komponen berkisar 1 -4
*      Nilai akhir : jumlah nilai dari masing – masing komponen yang telah dikalikan dengan bobot dibagi sepuluh


Lembar Penilaian Psikomotorik (Kewirausahaan)
NIS
NAMA SISWA
JK
Aspek Yang Diamati
Kreatif
Analitis
Teliti
Cermat
Jum
15771
ADINDA ILMA HUMARIAH ISMAIL
P





15772
AHMAD SYAKURI
L





15773
AMAL WALDA
L





15774
ANAK AGUNG GEDE SUPRADNYANA
L





15775
ANDI FAIKA RAHMI
P





15776
ANDI RAINDINI R
P





15777
ANNISA BURHALIA
P





15778
APRILIA AYUNITA
P





15779
DELA PUTRI RESQIANTANA
P





15780
EMY SYAMSURIA
P





15781
ETRIYANTI
P





15782
FERLINA
P





15783
DINAR IFTINAN
P





15784
HELVY MUTIARA RIZKY
P





15785
HERY YOGI TRI ANANTA
L





15786
HERLAN AFRIYANDI HAMZAH
L





15787
IFFAH ZATIL ISMAH
P





15788
INTAN PERMATA PUTRI
P





15789
IRMA
P





15790
LA SAFUAN AZKAR
L





15791
MISNA
P





15792
MUFIDAH RUSLAN
P





15793
MUH ANGGRA WIRASTA
L





15794
MUH. JUSDAR HADI NUGROHO
L





15795
MUHAMMAD IRSAN
L





15796
NANDA SELVI
P





15797
NOVIE ADRIYANI WIDYASTUTI S
P





15798
NUR AFNI PRATIWI A
P





15799
NUR SYIFA RAHMATIKA
P





15800
NUR AZIZAH
P





15801
NUR AZIZAH AULIA
P





15802
NUR RAHMIATI RAHIM
P





15803
NURHANNA DASATI
P





15804
POPPY NURUL ASMAUL RAZAK
P





15805
SHERLI MELINDA
P





15806
SITI LATSMI INASSYARAH
P





15807
TIAN AMALIA HALIK
P





15808
WA ODE HIKMA DANI SYAMSUDDIN
P





15809
WA ODE INDRI LESTARI KALIMIN
P





15810
WISDAR ARISTA
P





*) Nilai maksimal tiap aspek 25 ( 25 x 4 = 100 )
Keterangan :
*      Nilai Masing – masing komponen berkisar 1 -4
*      Nilai akhir : jumlah nilai dari masing – masing komponen yang telah dikalikan dengan bobot dibagi sepuluh






Tidak ada komentar:

Posting Komentar